Pemko Gelar Shalat Iduladha di Lapangan Merdeka Dan Penyembelihan Hewan Kurban Pada 21 Kecamatan

Pemko Medan menggelar Shalat Iduladha di Lapangan Merdeka pada Minggu, 11 Agustus 2019 pagi (10 Dzulhijah 1440H) di Lapangan Merdeka. Bertindak sebagai imam Fikri Munawwar, SP dengan Khatib Dr. H. M. Syukri Albani Nasution, M.A.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M. Si., M. H. diwakili Kabag Agama Setdako, Adlan, S. Pd., M. M., dalam sebuah talk show yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika Medan bekerja sama dengan INews, Kamis (8/8) di studio televisi swasta tersebut.

Selain Shalat Idul Adha, lanjut Adlan, pada Sabtu 10 Agustus malam Pemko juga menggelar malam takbiran di halaman depan kantor Wali Kota Medan. Keesokan harinya, setelah ibadah Shalat Iduladha, dilakukan penyembelihan hewan kurban di seluruh kecamatan yang ada di Medan.

Dalam talk show yang juga menghadirkan narasumber Ketua MUI Medan, Prof., M Hatta, dan Guru Besar UINSU, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap tersebut, Adlan menerangkan, sudah didata 69 hewan kurban keluarga besar Pemko Medan yang akan didistribusikan ke 21 kecamatan di Medan. Seluruh hewan kurban ini, katanya, telah memenuhi persyaratan kurban. Kesehatan hewan kurban ini juga telah melalui pengawasan dari pihak Dinas Kesehatan.

“Seluruh hewan kurban yang akan disembelih itu tiba di kecamatan H-1,” sebutnya.

Guru Besar Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU), Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, M. A., mengapresiasi Pemko Medan yang mempunyai komitmen tinggi pada kegiatan-kegiatan keagamaan.

“Pemerintah yang mempunyai perhatian yang besar terhadap agama akan kokoh, sebaliknya jika mempunyai komitmen pada agama, maka pemerintahan itu akan rapuh,” ucapnya.

Dia juga mengingatkan, Iduladha memiliki makna yang dalam. Selain makna sosial juga sebagai manifestasi kesadaran manusia bahwa dia hadir di dunia ini hanya untuk mengabdi kepada Tuhan.

“Kita juga berharap, kurban ini juga akan semakin memperkokoh karakter relijius dan ketaqwaan masyararakat Medan,” ucapnya.

Senada dengan itu, Ketua MUI Medan, Prof. Dr. H. M. Hatta, turut mengapresiasi Pemko Medan yang tetap konsisten dalam menyelenggarakan berbagai rangkaian perayaan Iduladha ini.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengingatkan agar pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat. Hewan yang dikurbankan harus yang terbaik dengan cara pelaksanaan yang baik, agar hasil yang diperoleh juga yang terbaik.

Ketua MUI Medan ini juga mengimbau agar masyarakat agar melaksanakan Shalat Iduladha di masjid-masjid maupun lapangan dan mengikuti setiap rukun Shalat Iduladha, termasuk mendengarkan khutbah.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

0Komentar

Leave comment