Buka MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan, Plt Wali Kota Harapkan Generasi Muda Senantiasa Dekat Dengan Al-Quran

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kota Medan di Arena MTQ, Jalan Ngumban Surbakti Lk.II Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15/02) Malam. Melalui penyelenggaraan MTQ ini diharapkan kita semua dapat terus mendidik generasi mudah Islam agar mau dan mampu membaca Al Quran dengan benar, serta memahami makna yang terkandung dalam Al Quran.

Dalam pembukaan MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan yang diawali dengan lantunan Ayat Suci Al Quran ini Ribuan warga Kota Medan tampak antusias memadati arena utama MTQ. Selain lantunan Ayat Suci Al Quran, Upacara pembukaan juga ditandai dengan pengibaran bendera MTQ oleh Paskibraka MAN 2 Model Medan. 

Dikatakan Plt Wali Kota Medan, MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan ini harus menjadi awal yang sangat baik untuk memulai tahun 2020, terutama lagi April mendatang, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Artinya kita intensifkan lagi kegiatan membaca Al Quran di lingkungan sosial kita yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga kita, agar keberkahan dan ridho Allah SWT menjadi milik kita.

"Apabila MTQ ini sukses dilaksanakan, insya Allah akan diperoleh dua kebaikan yakni kebaikan dunia dan akhirat kelak. Oleh karenanya Plt Wali Kota berharap agar pelaksanaan MTQ dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya, sehingga Kota Medan menjadi kota yang maju secara lahir, batin dan spritual", kata Plt Wali Kota Medan.


Kemudian, disampaikan Plt Wali kota Medan, sesuai Tema MTQ ke -53 Tingkat Kota Medan tahun 2020, mari kita persiapkan generasi Islam yang bertaqwa, amanah, kreatif, inovatif dan berakhlakul karimah serta berwawasan, kerukunan mewujudkan Medan Rumah Kita menjadi Kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis sejahtera dan religius.

"Momentum MTQ ini saya mengajak semua untuk terus mendidik generasi mudah Islam agar mau dan mampu membaca Al Quran dengan benar, serta memahami makna yang terkandung dalam Al Quran. Artinya melalui kegiatan MTQ ini harus terus kita laksanakan demi memastikan generasi muda Muslim Kota Medan akan senantiasa dekat dengan Al Quran," kata Plt Wali Kota Medan.

Dihadapan yang hadir diantaranya, Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Ketua DPRD Medan Hasyiim SE, Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala, Kajari Medan, Dwi Setyo Budi Utomo, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johny Eddizon Isir SIK, Dandim 0201/BS Kol Inf Roy Hansen J Sinaga SSos, Danlanud Soewondo Koln Pnb Meja Yuddanto SSos .AP, Kajari Belawan Ikeu Bahtiar, Kapolres Belawan AKBP H MR Dayan, Dandenpom 1/5 Medan Letkol CPM Anggun Hendriyanto, pimpinan OPD, camat, lurah, tokoh agama, tokoh masyarkat, serta ibu-ibu pengajian, Plt Wali Kota Medan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan komitmen mendukung kegiatan MTQ.

Sementara itu, Ketua Panitia Drs Musaddad Nasution yang juga sebagai Asisten Pemerintahan dan Sosial Kota Medan mengatakan dalam laporannya bahwa MTQ ke -53 Tingkat Kota Medan yang berlangsung dari tanggal 15 sampai 22 Februari 2020 di Jalan Ngumban Surbakti Lk.II Kelurahan. Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, ini diikuti 810 Peserta yang merupakan utusan dari Kecamatan se- Kota Medan, khusus Cabang Fahmil Quran dan Syarhil Quran peserta merupakan utusan dari Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta.


"Selama MTQ, 8 Cabang dimusabaqahkan, diantaranya Cabang Seni Baca Al Quran Putra Putri yang diikuti 262 peserta, Cabang Hafalan Al Quran Putra- Putri diikuti 177 peserta, Cabang Fahmil Quran diikuti 36 Regu sebanyak 105 peserta, Cabang Syarhil Quran diikuti 31 Regu atau 99 Peserta. Sedangkan Cabang Kaligrafi Al Quran Putra Putri diiktu 79 Peserta, Cabang Tafsir Al Quran Putra Putri diikuti 56 Peserta dan Cabang karya Tulis Ilmiah Putra Putri diikuti 32 Peserta", jelas Musaddad.

Sebelumnya pembukaan MTQ, dijelaskan Musaddad, telah digelar pada pagi harinya Pawai Taaruf yang diikuti seluruh Kafilah yang berjumlah 10 ribu orang. Selain itu juga telah diresmikan Stand Pameran yang diikuti seluruh OPD dan Kecamatan se- Kota Medan oleh Plt Ketua TP PKK Kota Medan.

Selanjutnya Pembukaan MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan tahun 2020 ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Plt Wali Kota Medan bersama unsur Forkopimda. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari Camat Medan Barat selaku juara umum tahun lalu kepada Plt Wali kota. Selanjutnya Plt Wali Kota menyerahkan piala bergilir tersebut kepada Ketua Panitia MTQ untuk diperebutkan kembali.





Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

0Komentar

Leave comment